31 December 2012

8 Cara Untuk Memendekkan Link


Salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung blog (traffic) adalah mempromosikan link blog ke berbagai media. Tetapi terkadang kita tidak bisa menampilkan link asli, seperti di twitter misalnya. Dalam hal ini kita harus memendekkan link kita dengan fasilitas shorten link. Tercatat ada 8 website penyedia shorten link, yaitu:
http://is.gd, http://goo.gl, http://bitly.com, http://tinyurl.com, http://ow.ly, http://shorturl.com, http://tiny.cc dan http://t.co.

Saya sendiri hampir pernah memakai semuanya, tetapi yang paling sering adalah http://is.gd. Oke langsung ke TKP, kita masuk ke webnya, silahkan ketik di browser:

http://is.gd

Kita akan melihat tampilan awalnya

masukkan URL asli pada field itu, kemudian klik shorten!

Zzaaap!! Dalam sekejap link pendek kita sudah muncul dan siap dipromosikan.

Kelebihan lain dari http://is.gd adalah kita bisa mencustom link sesuai kehendak kita, jadi misalnya kita bermaksud memendekkan link asli di atas, tetapi sebelum kita klik shorten kita klik dulu further options/custom URL. Baru klik shorten! Maka ajaib, link kita jadi gampang diingat.


Shorten link juga berguna bila kita bermaksud menyembunyikan link afiliasi kita atau menyembunyikan link download file yang kita simpang di Google Site agar pengunjung tak perlu diarahkan ke Ziddu atau 4shared seperti biasanya dan kita tetap bisa merahasiakan link download tersebut.

Semoga membantu,

Firdaus Adnan Prawirodirjo

0 comments:

 

Sample Text