15 December 2012

13 Tips Dahsyat Promosi Dengan Youtube


Tentunya kita masih ingat kasus Briptu Norman Kamaru. Yang dalam waktu singkat begitu meledak sampai menjadi artis level nasional dengan lipsinc dari lagu Chayya Chayya. Begitu juga Sinta dan Jojo dengan lagu Keong Racun-nya. Untuk beberapa saat mereka begitu terkenal di seantero nusantara. Nama mereka meroket masuk dalam jajaran selebritis indonesia. Penghasilan mereka sudah melebihi angka 100 juta rupiah. Adapun umur popularitas mereka tidak bertahan lama itu namanya kasus fade. Trend sesaat yang muncul meledak reda dan dilupakan.

Kenapa mereka begitu cepat muncul dan begitu cepat dilupakan?

Pertama karena power dari media yang mereka gunakan untuk publikasi, yaitu Youtube. Sebuah website anak perusahaan dari Google yang khusus menyimpan database berbagai video yang diupload oleh membernya dari berbagai penjuru dunia. Dengan cara yang tepat, mungkin keywords yang tepat dsb, dalam waktu singkat Youtube bisa melejitkan orang biasa menjadi terkenal. Inilah kedahsyatan Youtube. Lalu kedua, mengapa umur popularitas mereka begitu singkta, cuma beberapa bulan? Karena memang mereka belum memiliki talenta yang dibutuhkan untuk menjadi artis ataupun penyanyi. Toh yang mereka nyanyikan adalah lagu dan 'suara' artis lain :P.

Berbeda dengan kedua kasus di atas, Cakra -- seorang pop singer muda dari Bandung dengan skill yang lumayan, diangkat oleh Youtube menjadi artis papan atas dan bertahan sampai sekarang. Kita bisa melihat contoh yang sama dialami oleh Justin Bieber di Amerika.

Itulah kedahsyatan Youtube. Dan sesuai slogannya: "Broadcast Your Self" Youtube memfasilitasi siapapun yang ingin mempublikasikan dirinya tanpa melalui jalur-jalur normal yang biasanya rumit dan berbelit. Cukup berbekal handycam atau bahkan kamera HP, siapapun bisa menjadi artis fade dengan perantaraan Youtube.
Dengan cara yang sama, para politisi dari berbagai kalangan di seluruh dunia juga telah melirik Youtube untuk mengangkat popularitasnya beberapa level sesuai target. Bahkan ada pula pemain SEO (Search Engine Optimization) mengupload video porno dengan mencantumkan URL address palsu yang setelah dibrowse malah diredirect ke halaman web bisnis tertentu yang sama sekali tidak ada hubungan dengan tema video yang ditampilkan. Ini biasa disebut Black Hat SEO dan yang sama sekali tidak patut dicontoh.

Nah tanpa berpanjang kata lagi inilah 13 Tips Dahsyat Promosi Dengan Youtube:

1. Gunakan nama channel yang tepat dengan kata kunci tertarget. Gunakan kapitalisasi pada nama channel itu sehingga jelas. Jika Anda mengupload video YouTube tentang kucing, nama channel KucingLucu adalah  lebih baik dari channelkucing1987.

2. Berikan judul untuk channel tersebut. Secara default nama channel anda akan menjadi judul saluran tetapi anda dapat mengeditnya dalam pengaturan channel. 

 
3. Cantumkan link ke website Anda dalam channel Anda. YouTube memungkinkan menambahkan lebih dari satu link di sidebar channel Anda.


4. Ketika meng-upload video, masukkan tag dengan hati-hati. Masukkan kata kunci dengan kompetisi rendah. Kata kunci ini dapat diketahui dari AdWords Keyword Tool. Anda juga dapat memasukkan tag dari video pesaing sehingga video anda akan muncul sebagai video terkait saat video tersebut dilihat.


5. Jika Anda membuat infomovies (video dengan slide dan sulih suara) menggunakan PowerPoint atau Keynote, pastikan video anda memiliki latar belakang yang unik khas untuk slide Anda. Latar belakang unik ini dapat berupa URL website anda di sudut kanan atas atau pojok kanan bawah. Dengan teknik ini Anda bisa mendapatkan pengunjung bahkan jika video anda tertanam di situs lain walaupun deskripsi anda dan link di dalamnya tidak muncul.


6. Jika anda membuat video screencast, cobalah untuk merekam layar pada 640 × 360 (16:9) sehingga video tidak muncul kabur. Jika Anda tidak dapat melakukannya dalam 360p, Anda bisa membuatnya di 480p (854 × 480). Jangan meng-upload video screencast di 720p kecuali anda tidak punya pilihan lain.


7. Memanfaatkan tren YouTube. Anda dapat membuat video untuk niche (ceruk pasar) anda berhubungan dengan video tren dan anda akan mendapatkan banyak penonton pada video anda. Kunjungi YouTube-trends.Blogspot.com (blog resmi YouTube) untuk melihat video tren terbaru.


8. Upload video berkualitas tinggi secara konsisten untuk menyenangkan penonton dan tentunya akan menyenangkan pihak Youtube juga..


9. Jangan terlalu agresif dengan pemasaran di YouTube. Jika Anda meng-upload video penjualan dan bertanya-tanya mengapa banyak hasilnya, anda harus ingat bahwa YouTube adalah situs konten. Berikan konten yang baik dan kemudian minta orang untuk mengunjungi situs Anda.


10. Jangan meng-upload video dengan durasi 10 menit. Penonton sangat cepat bosan. Dalam pengalaman saya durasi 1-2 menit memberikan hasil terbaik untuk YouTube. Sampaikan pesan singkat tapi kuat. Jika anda memiliki sesuatu yang signifikan untuk dikatakan, bagilah video menjadi 2-5 bagian dan upload video-video itu dengan judul Keyword yang unikyang bervariasi . Dengan cara ini Anda akan mendapatkan lebih banyak pemirsa untuk video anda dan pemirsa dapat melewati bagian dari video jika tidak tertarik. Pastikan untuk menghubungkan bagian-bagian dari video dengan menggunakan penjelasan yang tepat.

 
11. Video kontroversial menarik banyak perhatian di YouTube. Namun pastikan untuk menyediakan beberapa konten berkualitas setelah anda menarik pemirsa dengan video kontroversial tersebut.


12. Luangkan waktu setiap hari untuk meninggalkan komentar yang bermanfaat dalam video terkait. Jika komentar anda disukai, itu akan berada di atas dan banyak pengunjung akan mengklik nama pengguna anda dan pada gilirannya tentu akan mendarat di channel Anda.


13. Milikilah akun Google yang terpisah untuk channel YouTube anda sehingga jika akun anda diblokir, akun lain tidak terpengaruh.



Semoga Membantu,

Firdaus Adnan Prawirodirjo

0 comments:

 

Sample Text